Advertisement
,

Disnaker Fasilitasi Pelatihan bagi Para Calon Tenaga Kerja Luar Negeri

Selasa, 09 Juli 2024, Juli 09, 2024 WIT Last Updated 2024-07-09T15:47:55Z

TANGERANG, //Gemabanten.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang memfasilitasi pelatihan bagi para calon tenaga kerja luar negeri. Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya untuk masyarakat Kabupaten Tangerang yang ingin bekerja di luar negeri. Salah satunya ke Jepang.

“Alhamdulillah hari ini yang ikut pelatihan bahasa Jepang dan budaya Jepang sudah kita dapatkan hasilnya dan sudah mendapatkan perusahaan di Jepang,” katanya saat wawancara dengan tim Diskominfo Kabupaten Tangerang, Senin (08/07/2024). 

Disnaker tidak hanya membuka pelatihan bahasa dan budaya Jepang. Pihaknya juga membuka pelatihan bahasa Korea, bahasa Mandarin dan bahasa Inggris. Pelatihan tersebut bisa diikuti masyarakat Kabupaten Tangerang. 

"Masyarakat Kabupaten Tangerang yang ingin bekerja di negara-negara tersebut bisa mengikuti pelatihan bahasa dan budaya yang kami fasilitasi untuk masyarakat Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Selain itu, Disnaker Kabupaten Tangerang melakukan upaya untuk mengurangi pengangguran dengan memberikan fasilitasi pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Mulai dari pelatihan kerja berbasis kompetensi ke dunia industri maupun pelatihan kerja berbasis masyarakat ke dunia usaha bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Bukan hanya pelatihan bahasa saja, kami juga mengadakan pelatihan-pelatihan yang lain yang bisa diikuti oleh masyarakat Kabupaten Tangerang,” tuturnya

Pada kesempatan yang sama, Disnaker memberikan pengarahan sekaligus melepas tenaga kerja ke Jepang di Ruang Wareng, Gedung Bupati, Senin (08/07/2024). 

Pengarahan dan pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid. 

Pada anggaran perubahan Tahun 2023 Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang telah melaksanakan pelatihan bahasa dan budaya Jepang kepada 20 orang warga Kabupaten Tangerang.

Dari 20 calon tenaga kerja, 1 orang telah diberangkatkan bekerja ke Jepang 28 April 2024, 2 orang akan diberangkatkan pada 22 Juli 2024 dan 10 orang sedang menunggu jadwal keberangkatan tahun ini.

Sedangkan 7 orang sedang menunggu proses wawancara dengan perusahaan Jepang. Pada Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan pelatihan Bahasa dan budaya Jepang kepada 16 orang masyarakat Kabupaten Tangerang.

Rudi Hartono berpesan kepada para calon tenaga kerja yang akan berangkat ke Jepang agar menjaga kesehatan, fisik, dan mental. Mereka diminta bekerja dengan baik saat berada di Jepang.

Sementara itu, Meisya yang akan berangkat ke Jepang berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang karena memberikan kesempatan kepada dirinya belajar bahasa dan budaya Jepang.

“Untuk teman-teman saya yang masih berjuang untuk bisa bekerja di luar negeri tetap semangat dan pantang menyerah,” tuturnya.

Sebagai informasi, Untuk masyarakat Kabupaten Tangerang yang ingin mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut agar terus bisa memantau Instagram @dnaker_tangkab dan website siapkerja.tangerangkab.go.id


Red.

Iklan