Advertisement
,

Nyaman dan Modern, Revitalisasi Pasar Kutabumi Dimulai

Rabu, 10 Juli 2024, Juli 10, 2024 WIT Last Updated 2024-07-10T14:22:10Z

TANGERANG, //Gemabanten.com – Perumda Pasar Daerah Niaga Kerta Raharja (NKR) telah melakukan groundbreaking untuk merevitalisasi Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis. Hal ini untuk menciptakan pasar yang nyaman, aman, dan bersih tanpa mengorbankan kearifan lokal pasar tradisional.

Direktur Utama Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR), Finny Widiyanti mengatakan, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik konsumen untuk berbelanja di Pasar Kutabumi. Dengan upaya tersebut, diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi para pedagang dan masyarakat.

"Kami percaya bahwa revitalisasi ini akan membawa kesejahteraan bagi para pedagang di Pasar Kutabumi. Dengan pasar yang lebih modern dan fasilitas lengkap, kami berharap konsumen dapat memenuhi kebutuhan pokok mereka dengan aman dan higienis," terang dia saat groundbreaking pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Rabu (10/7/2024).

Langkah revitalisasi ini juga menunjukkan komitmen PD Pasar NKR untuk menciptakan pasar rakyat yang sesuai dengan SNI Pasar Indonesia. Kerjasama yang baik antara pemerintah, pedagang, dan masyarakat adalah kunci untuk mewujudkan pasar yang nyaman, aman, dan bersih.

"Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut demi terciptanya pasar-pasar rakyat yang berkualitas di masa depan," tambah dia.

Pada kesempatan yang sama, Camat Pasar Kemis, Nurhanudin menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan keinginan yang sudah lama diharapkan oleh masyarakat. Pasar Dengan ini, penataan kawasan sentra niaga di Kecamatan Pasar Kemis dapat berjalan dengan cepat dan dinikmati masyarakat.

"Kita harapkan segera terwujud, karena ini merupakan harapan Kecamatan Pasar Kemis dimana terdapat pasar yang sehat, bersih, nyaman yg dirasakan oleh para pengunjung dan juga pedagang," ucapnya.

Di sisi lain, terkait dengan seruan penolakan revitalisasi Pasar Kutabumi, ia mengatakan bahwa hal itu telah selesai. Pedagang telah sepakat untuk dilakukan revitalisasi yang diharapkan memberikan keringanan serta kenyamanan bagi semua pihak.

"Apa yang kemarin terjadi, yang kurang baik karena ada miskomunikasi, tapi hari ini kita hadir menyaksikan bahwa persoalan itu selesai dan akan membangun pasar ini untuk mewujudkan pasar yang bersih dan sehat. Kami mohon maaf karena mungkin nanti akan ada aktivitas keluar masuk kendaraan proyek sehingga mengganggu aktivitas di jalan pada saat pelaksanaan" terang dia.

Di tempat yang sama, salah satu pedagang komoditi bumbu pasar Kutabumi, fitri mengajak kepada para pedagang pasar Kutabumi untuk mendukung penuh revitalisasi pembangunan Pasar Kutabumi yang lebih indah dan nyaman.

"Di sini kita selaku para pedagang menginginkan pasar yang bersih dan layak untuk mensejahterakan perekonomian kita, jadi mari kita dukung untuk terwujudnya pasar bersih indah dan nyaman," jelasnya.

Sebagai informasi, Pasar Kutabumi berdiri di atas tanah seluas 11.086 meter persegi. Revitalisasi ini akan menghasilkan ruang dagang yang meliputi 510 unit los, 258 unit kios, dan 122 unit kios khusus, dengan total 890 unit ruang dagang yang siap melayani masyarakat.

Selain memperbarui fasilitas perdagangan, Pasar Rakyat Kutabumi juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk pasar. Fasilitas tersebut mencakup jalan lingkar pasar, area parkir kendaraan, tempat parkir bongkar muat, mushola, ruang laktasi, ruang kesehatan, lampu penerangan jalan, dan kantor pengelola.



Red.

Iklan